Minggu, 24 Mei 2009

Tinta Lama

Sebuah goresan tinta lama tidak akan hilang begitu saja dari sebuah kertas atau media yang telah digoreskan tinta tersebut. Sekalipun tinta tersebut telah dihapus dengan penghapus, tipe-x atau benda lain yang dapat menghapusnya. Tinta tersebut akan meninggalkan sebuah bekas terhadap media dimana tinta tersebut digoreskan, sekalipun hanya sebesar atom, yang mana pada suatu saat tinta tersebut akan ditimpa oleh tinta-tinta lain. Tetapi sesungguhnya ia tidak hilang, hanya tidak tampak dipermukaan tetapi dapat mempengaruhi dari dalam.
Tinta tersebut akan terus membayangi disepanjang perjalana hidup kita. Semakin kita mencoba melupakan, semakin kita akan terus mengingatnya. Apalagi tinta yang tergoreskan tersebut hitam pekat, pasti selalu mengingatkan kita dan tak akan mudah menghilangkannya. Apabila yang tergores adalah tinta dengan warna emas, pastilah kita akan cenderung untuk mengulangnya kembali dikertas-kertas berikutnya. Padahal hal tersebut tidak akan berulang kembali sama persis dengan sebelumnya. Walaupun tinta yang kita goreskan berasal dari warna yang sama, dikertas yang sama, dihalaman yang sama dan kira-kira hamper semuanya sama. Tetapi ada hal yang tidak akan pernah sama, yaitu WAKTU. Karena waktu adalah sesosok makhluk yang selalu baru. Tidak akan merasa tua, bosan dan hal-hal lain yang kita rasakan.
Jadi sebaiknya dikala yang tergores adalah tinta yang terlalu pekat, maka kita harus mengusahakan mengurangi kepekatan tinta tersebut. Sehingga akan timbul warna gelap yang lembut, yang berarti adanya perbaikan hidup seiring berjalannya waktu. Apabila yang tergoreskan adalah warna emas maka berusahalah menambah warna tersebut dengan warna yang sepadan dengan warna emas, sehingga akan timbul warna-warna cerah yang menyenangkan, yang berarti kita siap menyongsong masa depan yang cerah. Sehingga pada akhirnya kita akan membuka lembaran kehidupan kita seraya tersenyum karena begitu indahnya tinta-tinta yang kita goreskan.

Ditulis : Selasa 07 Maret 2006
Diedit : Sabtu 23 Mei 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar